LOADING...
Perbedaan RGB dan CMYK
12 Jan

Perbedaan CMYK dan RGB

CMYK

CMYK adalah singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, Key (Hitam). Di dunia percetakan, biasa disebut dengan “Warna Proses” atau “Sparasi“. Pewarnaan CMYK ini biasa digunakan untuk dunia percetakan, dengan menggunakan 4 warna tersebut maka sebuah cetakan atau mesin cetak dapat menghasilkan ribuan warna yang menarik (Full Colour). Apabila Cyan, Magenta, Yellow tersebut dicampurkan dengan kadar 100% maka akan menghasilkan warna Hitam.

RGB

RGB adalah singkatan dari Red, Blue, Green. RGB digunakan untuk Input Devices, seperti scanner, camera dll, dan Output Devices, seperti Monitor atau televisi. Apabila ketiga warna tersebut dikombinasikan dengan prosentase 100%, maka akan tercipta warna putih, inilah sebabnya RGB disebut sebagai warna pencahaaan. Oleh karena itu warna yang ditampilkan pada mode RGB selalu tampak lebih terang dibandingkan dengan warna CMYK.

Jadi perbedaan antara RGB dan CMYK yaitu :

  • RGB digunakan untuk warna Monitor sedangkan CMYK digunakan untuk warna printer
  • RGB digunakan untuk desain yang nantinya digunakan atau ditampilkan kedalam media layar monitor Sedangkan CMYK digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan dalam bentuk media cetak.
  • Jika warna RGB semua dicamputkan warna akan berubah menjadi warna terang yaitu warna putih, sedangkan CMYK jika dicampur semua akan menghasilkan warna gelap yaitu warna hitam.

Kesimpulan :

  1. Untuk Pencetakan :
    • Gunakan warna CMYK
    • Kenali semua karakteristik perangkat anda (scanner, printer, monitor dll) dengan baik.
  2. Untuk Desain Web dan Multimedia (output monitor)
    • Gunakan warna RGB
    • Biasakan mengerjakan dalam ruang cahaya yang terkontrol. mengerjakan disain pada siang dan malam hari juga menghasilkan perbedaan warna yang berbeda (terutama untuk RGB).

Dengan warna RGB maka tampilan warna akan lebih kaya dan menarik. Namun apabila berhubungan dengan dunia percetakan atau menggunakan mesin cetak maka gunakanlah warna CMYK karena mesin cetak menggunakan medium film yang sangat terbatas dalam mencerna warna. Namun juga memiliki keunggulan karena mesin cetak berhubungan dengan produksi.

Dapat dipastikan akan ada penurunan kualitas apabila warna RGB dipaksakan masuk film atau Percetakan dengan ditandai perubahan warna. Jika anda telah membuat design untuk keperluan cetak menggunakan mode RGB maka bisa konversi saja dulu ke CMYK, tapi jangan kaget dengan perubahan warnanya. Jadi berhati-hatilah dengan color mode yang digunakan dalam sebuah desain. Tentukan dulu apakah untuk cetak atau untuk display dan Check dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

TAGS:

Leave A Comment